5 Hal Yang Membuat Bisnis Jualan Pulsa Kamu Rentan Gagal

Kenapa ada orang yang sukses dalam bisnis jual beli pulsa dan ada pula yang gagal? 

Kamu bukan orang pertama yang penasaran dengan kesuksesan seseorang dalam menapaki bisnis agen pulsa. Sudah banyak orang sukses hanya dengan bisnis ini, pun tidak sedikit orang yang gagal dalam menjalankan bisnis pulsa. Loh ada apa ini? Kenapa bisa begitu? Tentu orang yang sukses dalam jualan pulsa memiliki tips dan cara sendiri hingga usaha yang dijalankan lancar. Pun orang yang gagal pasti memiliki sebab tertentu.

Secara umum ada hal kecil tapi sangat penting dalam menentukan kegagalan Anda dalam bisnis pulsa.

1. Tidak disiplin dalam management keuangan

Ketidakdisiplinan dalam mengatur keuangan pribadi dan usaha akan berakibat fatal dalam sebuah bisnis. Jangan sekali-kali menggabungkan sumber dana usaha dengan keperluan pribadi.

"Ah, cuma sedikit kok" mungkin ini yang kamu ucapkan, tetapi dimulai dari hal kecil bisa membuat kamu lebih mudah untuk memanfaatkan keuntungan bisnis untuk keperluan pribadi. Dan, suatu saat akan membuat kamu jatuh lebih cepat karena tidak ada kontrol pada managemen keuangan kamu.

2. Menyepelekan utang piutang

Saat memulai bisnis jual beli pulsa, terkadang banyak orang menawarkan jasa kepada keluarga dan teman dekat. Inilah jalur yang paling mudah dan menjadi paling mudah juga bagi teman atau keluarga untuk berhutang.

Ingat. Jangan menyepelekan soal hutang dalam bisnis. Meski kecil, hutang yang tidak lancar tentu menghambat operasional dan kelangsungan bisnis itu sendiri apalagi jika sudah menumpuk terlalu banyak. Meski teman dekat, usahakan untuk selalu tertib dalam hal pembayaran ketika berurusan dengan bisnis.

3. Terlalu ambisius mendapatkan untung

Pada awal mulai agen pulsa, baik pulsa listrik, telepon atau pun voucher game online utamakan kepuasan pelanggan terlebih dahulu. Jangan terlalu ambisius dalam mendapatkan untung besar.

Ingat. Semakin besar margin keuntungan sebuah usaha, biasanya kuantitas transaksi pun akan lebih kecil daripada bisnis yang mengambil margin keuntungan kecil. Pun dengan harga yang lebih mahal, para customer akan berharap lebih banyak baik dalam sisi produk atau pelayanan. Jika kamu tak mampu mempertahankan kwalitas usaha, pasti customer akan lari ke tempat kompetitor lain.

4. Memilih partner agen pulsa yang salah

Setelah yakin untuk berbisnis jual beli pulsa, pastikan kamu memilih partner bisnis yang tepat. Carilah distributor pulsa terpercaya dan bisa memberikan harga termurah dan pelayanan terbaik.

Kesalahan dalam memilih server pulsa, bisa menyebabkan kamu lambat dalam bertransaksi bahkan gagal dalam mendapatkan keuntungan maksimal dari sisi harga beli. Cari tau dan buatlah riset kecil sebelum memilih agen pulsa yang akan kamu jadikan partner bisnis.

5. Terlalu pelit dan tidak pernah sedekah

Benarkan pelit dan tidak pernah sedekah bisa menghambat bisnis jual beli pulsa? Tentu, hal ini adalah kebalikan dari banyaknya sedekah yang bisa menjadi pintu sebab rizki kamu dibuka.

Niatkan secara lurus. Mudah-mudaha setiap harga yang kamu sedekahkan akan diganti dengan sesuatu yang lebih baik. 

Bahkan seorang kapitalis pun tahu prinsip "Give and Take" - memberi dulu baru mendapatkan keuntungan. Jadi terlalu pelit juga berakibat buruk dalam binsis kamu.

0 Komentar


Hanya member yang diijinkan mengirim komentar baru
Belum ada komentar